WISATA AGRO PELEPAH INDAH


“PELEPAH INDAH”
DESTINASI WISATA  AGRO PERKOTAAN
DI KELAPA GADING JAKARTA UTARA

 
Oleh : Beni P Piliang




Latar Belakang

Jakarta merupakan kota metropolitan dan sekaligus kota tujuan wisata yang penuh pesona. Sebagai kota metropolitan, Jakarta memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dari yang sederhana hingga modern. Penginapan murah sampai hotel berbintang yang mewah ada di Jakarta. Begitu juga dengan pusat perbelanjaan, mau ke kaki lima atau mall megah dan nyaman, dapat dikunjungi di Jakarta. Aneka tempat hiburan seperti diskotek, klab malam, bar, restoran internasional sampai warung tenda, bisa dijelajahi, ya … ini lah Jakarta segalanya ada dan memiliki daya pikat tersendiri.

Jakarta sebagai tujuan wisata, menyajikan atraksi dan obyek wisata menarik serta beraneka ragam; dari museum yang menampilkan koleksi peninggalan masa lalu, pergelaran kesenian daerah maupun kesenian mancanegara hingga taman rekreasi yang serba lengkap dan modern. Lebih dari itu, komposisi penduduk yang datang dari berbagai daerah di Nusantara dengan segala etnis dan budaya yang dibawanya membuat Jakarta laksana 'Jendela Budaya' bangsa Indonesia.

Obyek-obyek wisata dan rekreasi di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi antara lain: Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum-museum, Monumen Nasional (Monas); Taman Marga Satwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah dan Teater Imax Keong Emas, Taman Ria Senayan, Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol dengan Sea World-nya serta masih banyak lagi.

Selain obyek-obyek wisata sebagaimana tersebut di atas, Jakarta juga memiliki potensi wisata agro perkotaan yang dapat dikembangkan sebagai pusat wisata agro, yang mampu memberikan nilai tambah bagi pengembangan wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Karena potensi wisata agro Jakarta memiliki  nilai  budaya, estetika, dan edukasi serta ekonomi kreatif. Tiga faktor utama yang menyebabkan belum berkembangnya wisata agro Jakarta adalah :

  1. Jakarta belum memiliki strategi pengelolaan wisata agro secara terpadu
  2. Masih kecilnya peran  serta masyarakat dalam mengembangkan wisata agro di Jakarta.
  3. Kurangnya sosialisasi wisata agro kepada masyarakat Provinsi DKI Jakarta.dan duniar usaha.

Wisata Agro dapat dikelompokkan ke dalam wisata ekologi (eco-tourism), yaitu kegiatan perjalanan wisata dengan tidak merusak atau mencemari alam dengan tujuan untuk mengagumi dan menikmati keindahan alam, hewan atau tumbuhan liar di lingkungan alaminya serta sebagai sarana pendidikan.

Aset penting untuk menarik kunjungan wisatawan dalam Wisata Agro adalah keaslian, keunikan, kenyamanan, dan keindahan alam. Oleh sebab itu, faktor kualitas lingkungan menjadi modal penting yang harus disediakan, terutama pada wilayah - wilayah yang dimanfaatkan untuk dijelajahi para wisatawan. Menyadari pentingnya nilai kualitas lingkungan tersebut, masyarakat setempat perlu diajak untuk selalu menjaga keaslian, kenyamanan, dan kelestarian lingkungannya.


Wisata Agro Pelepah Indah

Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading, Kota Administrasi Jakarta Utara, merupakan Pilot Project Wisata Agro  ruang terbuka buatan  yang rencana akan didesain secara spesifik dengan memperhatikan kondisi tata ruang, peruntukan lahan dan daya dukung lingkungan. Pembangunan Wisata Agro Pelepah Indah dilakukan dengan melibatkan peran pemerintah, swasta dan masyarakat lokal. Pengembangan fasilitas pendukung, potensi wisata dan penerapan teknologi serta pelibatan peran serta masyarakat dilakukan secara bertahap. Kesemua aspek tersebut diramu sedemikian rupa  sehingga dapat menghasilkan produk atraksi wisata agro yang menarik atau memiliki nilai jual untuk wisatawan. Fasilitas pendukung untuk akomodasi wisatawan dapat disediakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern, namun tidak mengganggu keseimbangan ekosistem yang ada.

Pengembangan Wisata Agro Pelepah Indah pada konsep uniqueness, memuat konten yang dijadikan produk wisata dengan kreteria spesifik, unik dan edukatif serta modern, dengan tetap memperhatikan  keasrian lingkungan dengan aktrasi budaya dan kedai-kedai kuliner sebagai aspek pendukungnya. Pada kondisi terkini, wisata agro Pelepah Indah yang terbentang sepanjang 1,5 km di Jalan Pelepah Raya Kecamatan Kelapa Gading Kota Adminstrasi Jakarta Utara dihimpun oleh komunitas yang terbagai atas 3 kelompok usaha yaitu; kelmpok tanaman hias, kelompok burung, dan kelompok ikan hias.


Maksud dan Tujuan


  1. Memperkuat posisi Kota Administrasi Jakarta Utara sebagai etalase wisata Provinsi DKI Jakarta sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta pada Tahun 2009, dengan menjadikan Agro Wisata perkotaan sebagai salah satu primadona sektor pariwisata di Provinsi DKI Jakarta.
  2. Memberikan nilai tambah secara sosial, ekonomi dan ekologi bagi pengembangan wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara, khususnya Kecamatan Kelapa Gading dan penguatan gerakan hijau “go green” Jakarta.
  3. Menumbuh kembangkan gerakan ekonomi kreatif yang memberikan nilai tambah bagi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat baik dalam sektor formal maupun informal.

KONSEP PENGEMBANGAN WISATA AGRO PELEPAH INDAH


Kerangka Pemikiran


 
Bagan  Alur  Penyusunan  Rencana  Strategis Wisata
Agro Pelepah Indah Berbasis Partisipatif Masyarakat



 
ASPEK TEKNIS


Potensi Wisata Agro Pelepah Indah

Sumber daya yang tersedia dan akan dikembangkan pada Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara adalah :

   1.  Kelompok Usaha Burung



   2. Kelompok Usaha Ikan Hias



   3. Kelompok Usaha Tanaman Hias




Sarana dan prasarana umum yang tersedia sebagai pendukung pengembangan Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Jakarta Utara adalah :

   1. Koridor Jalan Raya (Jalan Pelepah Raya)



    2. Koridor pejalan kaki








   3. Koridor penghijauan





 4. Transportasi umum


  5. Terminal banyangan angkutan kota


Pengembangan Lanskap Wisata Agro Pelepah Indah

Sarana dan prasarana yang akan dikembangkan dalam lanskap Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara adalah :

  1. Green house kebun buah-buahan dan sayuran
  2. Area pengomposan
  3. Area penangkaran burung
  4. Area penangkaran ikan
  5. Area pemancingan modern
  6. Area bermain anak
  7. Shalter peristirahatan serta sanitasi umum
  8. Kedai makan, caffe dan tempat perbelanjaan termasuk souvenir
  9. Pendopo  pertemuan yang juga dapat dijadikan tempat pementasan seni dan budaya serta pusat informasi.
Rencana Pengembangan Sarana dan Prasarana



Skala Prioritas

Skala prioritas pengembangan Wisata Agro Pelepah Raya Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara adalah :

  1. Penataan Konten Secara Zonasi
a.      Revitalisasi sentra tanaman hias menjadi “Zona Agro”
b.      Revitalisasi sentra burung dan sentra ikan hias menjadi “Zona Satwa

  1. Pada tiap-tiap zona akan dikembangkan secara bertahap sarana dan prasarana pendukung sebagai berikut :
a.      Shalter peristirahatan
b.      Kedai makan, cafe dan tempat perbelanjaan termasuk souvenir
c.      Sarana sanitasi umum

  1. Penataan taman penghijauan dan jalur pedistrian (pejalan kaki).
  1. Pengaturan lalu lintas jalan Pelepah Raya dari dua arah menjadi satu arah.
  1. Pembangunan gapura “Wisata Agro Pelepah Indah” pada sisi jalan yang menghadap jalan Perintis Kemerdekaan dan pada sisi jalan yang menghadap jalan Boulevard.
 
Pengelolaan Even  Dan Promosi Wisata

Sebagai destinasi wisata,  Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara haruslah memiliki dan mengelola even wisata dan promosi wisata. Beberapa even besar dengan tajuk :

  1. Jakarta Utara Agro Festival (festival dengan nuansa agro)
  2. Jakarta Utara Kreatif Fair (pameran wisata agro dan ekonomi kreatif)
  3. Pelepah Indah Street Festival (festival seni dan budaya dengan nuansa agro)
Patut dipertimbangkan sebagai even tahun dalam kalender kegiatan Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Jakarta Utara. Selain itu even-even kecil yang bersifat kreatif dan edukatif yang melibatkan masyarakat (komunitas pencinta burung, komunitas pencinta ikan dan komunitas pencinta tanaman) dan pelajar maupun mahasiswa perlu dikelola secara regular dalam kalender even bulanan. Beberapa tersebut yang dapat dikelola diantaranya adalah :

  1. Lomba /kontes burung berkicau
  2. Lomba/kontes  burung merpati
  3. Lomba/kontes ikan hias
  4. Lomba/kontes tanaman hias
  5. Pentas musik mingguan dengan tema nostalgia, balada dan pelestarian lingkungan.


ASPEK KELEMBAGAAN

Kelembagan dalam pengelolaan Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara adalah sebagai berikut :

Pembina          : 1. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara
   2. Asosiasi Wisata Agro Indonesia Provinsi DKI Jakarta
                               (AWAI Provinsi DKI Jakarta)
                           3. Suku Dinas Terkait dilingkungan Kota Administrasi Jakarta Utara.

Penasehat       :   Asosiasi Wisata Agro Indonesia Kota Administrasi Jakarta Utara
                              (AWAI Kota Adminstrasi Jakarta utara)

Pengelola        : Pelepah Indah Agrotourism Development Centre

Untuk pengembangan Wisata Agro Pelepah Indah Kelapa Gading Kota Administrasi Jakarta Utara, Pembina (AWAI) dapat menjalin kemitraan strategis dengan instansi pemerintah terkait baik di tingkat Provinsi maupun Kota Administrasi Jakarta Utara.




PUSAT INFORMASI

Pusat Informasi Pelepah Indah :
DR. H. Suprawito, M.Si          Hp 08118 36350
Drs. Beni P Pilaing                  Hp 0819100 20013
Situs    : www.pelepahindah.com
              http://pelepahindah.blogspot.com



Leave a Reply